13 Ide Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

13 Ide Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Bagi sebagian orang, menjadi karyawan dan bekerja seharian di kantor dengan jam kerja yang sudah diatur bukan merupakan passion mereka. Tekanan dari atasan dan lingkungan kerja yang seringkali membuat stress, menjadikan orang lebih memilih untuk membuka usaha atau bisnis sendiri.

Selain lebih nyaman, lapangan kerja baru pun dapat diciptakan untuk membantu orang-orang disekitar tempat usaha mereka.

Menjalankan bisnis dapat dimulai dari rumah, banyak peluang usaha yang dapat dicoba dengan modal kecil yang dapat kamu manfaatkan. Bagi kamu yang masih mencari-cari pekerjaan atau ibu rumah tangga yang ingin membantu suami untuk memenuhi kebutuhan dapat mencoba memulai ide usaha rumahan ini.

Berikut adalah 13 ide peluang usaha di rumah dengan modal kecil yang bisa kamu coba:

1. Membuka Warung Makan

Bisnis makanan memang tidak pernah mati. Bagi kamu yang suka dan pandai memasak, ditambah lokasi rumah yang strategis misal dekat kampus atau perkantoran, Ide membuka warung makan merupakan ide yang tepat.

Lokasi rumah yang strategis akan meningkatkan peluang bisnis kamu menjadi ramai pembeli. Ditambah makanan yang beragam, enak, bersih, dan harga terjangkau, pastilah warung kamu akan laku keras.

2. Budidaya Lele

Jika kamu memiliki tanah kosong yang dapat dimanfaatkan misal 2×3 m, kamu mungkin tertarik untuk untuk membuat kolam terpal dan menjalankan usaha budidaya lele. Budidaya ikan lele memang lebih mudah dibandingkan dengan ikan-ikan lain, disamping itu modal yang dibutuhkan juga tidak besar.

Dengan bermodalkan kolam dan bibit ikan lele, kamu dapat mencoba memulai usaha ini. Peluangnya pun cukup besar khususnya untuk rumah makan yang membutuhkan supply lele.

3. Jasa Cuci Mobil/Motor

Hampir semua orang kini memiliki kendaraan, baik motor atau mobil, sehingga peluang jasa cuci mobil/motor cukup besar khususnya di daerah strategis seperti daerah perumahan. Membuka usaha ini dapat dimulai dari rumah dengan modal yang tidak terlalu besar.

Awalnya kamu bisa melakukan tugas-tugas sendiri, namun jika pelanggan sudah cukup banyak dan ramai, kamu bisa merekrut karyawan untuk membantu usahamu. Apabila rumahmu tidak terlalu besar, kamu bisa memulai usaha jasa cuci kendaraan motor.

4. Jasa Laundry

Jasa Laundry kiloan merupakan salah satu jasa yang sangat dibutuhkan khususnya bagi anak kos ataupun karyawan yang tidak punya waktu untuk mencuci. Padahal pakaian diperlukan setiap hari. Hal ini meningkatkan peluang usaha jasa laundry.

Dengan memulai usaha ini dari rumah, kamu bisa mulai menjalankan usaha ini dengan modal yang tidak besar. Untuk meningkatkan layanan, kamu bisa menyediakan fasilitas antar jemput laundry gratis.

5. Usaha Fotocopy

Jika rumahmu terletak di area sekolah atau kampus, membuka usaha fotokopi dan alat tulis dinilai cukup menjanjikan. Namun memang diperlukan modal yang relatif besar untuk membeli mesin fotokopi, kebutuhan modal membeli barang-barang seperti alat tulis, biaya operasional dan sebagainya.

Jika, modal yang dibutuhkan masih sesuai dengan budget yang kamu miliki, tidak ada salahnya untuk mencoba ide usaha rumahan yang satu ini.

6. Membuka Les Privat

Punya keahlian tertentu? seperti bahasa asing, musik, matematika, tari dan lainnya? Kamu bisa memulai ide usaha membuka les privat dirumah.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidak besar, cukup ruang kelas dirumah, papan tulis, spidol, dan tentunya kamu sebagai guru ataupun kamu merekrut orang lain yang memiliki keahlian sesuai bidang yang kamu tawarkan.

✅✅👉 Baca Juga:  Tren Baju TikTok yang lagi Ngetren Mudah ditiru

7. Bisnis Online

Banyak sekali kita temui ibu rumah tangga yang membuka bisnis online dari rumahnya. Disamping kamu bisa melakukan bisnis dengan waktu yang sangat fleksibel, untung yang diraup juga cukup menjanjikan.

Modal yang perlu disiapkan adalah gadget seperti laptop, tablet, atau smartphone dan koneksi internet. Media pemasarannya pun kini sangat banyak sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan masih banyak lagi.

8. Usaha Kerajinan Tangan

Bagi ibu-ibu dan remaja putri yang senang dengan crafting mungkin tertarik untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Selain kamu dapat menyalurkan hobi crafting-mu, sekaligus kamu juga dapat meraup keuntungan dari hasil penjualan barang-barang tersebut.

Dengan bermodalkan barang-barang bekas, atau barang-barang yang bisa kamu ubah menjadi sesuatu yang bernilai, ditambah ide-ide dan tangan kreatif, kamu bisa menjual karyamu dengan harga yang cukup tinggi.

9. Jasa Penitipan Motor

Memiliki rumah dengan lahan yang luas merupakan modal utama untuk menjalankan usaha jasa penitipan motor. Apalagi lokasi rumah yang strategis dekat dengan perkantoran, kantor, tempat wisata atau mall.

Keuntungannya cukup besar dan menjalankannya pun sangat mudah, hanya perlu diperhatikan dari sisi keamanannya ya. Jangan sampai para pelanggan komplain karena sering terjadi pencurian di tempat penitipan motor tersebut. Selain itu fasilitasi lahan parkirmu dengan penutup atau kanopi agar pelanggan puas dan tidak khawatir motornya kehujanan.

10. Jasa Penitipan Anak

Di jaman modern ini, banyak ibu yang bekerja diluar rumah, sehingga membutuhkan jasa penitipan anak. Peluang usaha ini cukup besar untuk dijalankan jika kamu termasuk orang yang menyukai anak kecil dan rumahmu terletak di lingkungan perumahan dimana banyak ibu yang bekerja.

Pengalaman mengurus anak juga menjadi modal yang penting dalam menjalankan usaha ini, agar kamu tidak kerepotan ketika banyak tingkah anak yang membuat pusing kepala. Untuk membuat anak betah, kamu bisa menyediakan fasilitas bermain untuk mereka.

11. Usaha Jahit

Jika kamu memiliki kemampuan yang jahit, teliti, dan rapih, membuka usaha jahit di rumah merupakan ide yang tepat. Modal untuk menjalankan usaha ini adalah mesin jahit dan keterampilah dalam menjahit itu sendiri.

Jika kamu dapat mencari peluang, kamu bisa menawarkan jasa jahit kepada penjual-penjual pakaian atau hijab yang saat ini sedang ramai. Sehingga, kamu bisa mendapatkan pelanggan rutin setiap bulannya.  Jangan lupa untuk mempertahankan kualitas jahitanmu serapih dan sebaik mungkin.

12. Usaha Toko Kelontong

Walaupun sudah banyak beredar minimarket franchise dimana-mana, namun jika rumahmu terletak dilokasi yang masih jarang minimarket atau aksesnya sulit, kamu mungkin bisa mencoba usaha ini. Keuntungannya mungkin terlihat sedikit dari setiap barang, tapi jika banyak barang yang laku, sebenarnya keuntungan dari usaha toko kelontong ini cukup menjanjikan.

Apalagi jika sistemnya jual grosir, disamping keuntungan lebih banyak, barang-barang pun lebih cepat terjual. Kamu bisa menyasar target orang-orang yang membuka usaha kecil atau toko-toko yang lebih kecil.

13. Usaha Franchise Makanan Populer

Jika kamu kesulitan ide, dan merasa tidak memiliki kemampuan apa-apa, jangan berkecil hati. Mungkin kamu bisa mencoba usaha franchise (waralaba) makanan-makanan yang sedang ramai sebut saja kebab, seblak, ayam goreng tepung, makaroni, milktea, minuman coklat dan sebagainya.

Banyak yang menawarkan kerjasama usaha dengan modal yang tidak terlalu besar. Dengan gerobak, peralatan, bahan-bahan, pembekalan/training semua disediakan dari pihak waralaba, kamu tinggal menjalankan usahamu dengan SOP yang sudah ditentukan.

Itulah beberapa peluang ide usaha dirumah dengan modal yang tidak terlalu besar namun cukup menjanjikan.  Semoga bermanfaat!