Cara Menghemat Tinta Printer Brother HL-1211W untuk Aktivitas di Kantor

Bagi Sobat Tekno semua yang ingin menghemat tinta printer, Sobat Tekno dapat cek cara menghemat tinta printer brother hl-1211w di bawah ini. Dengan demikian, Kamu bisa menjadikan tinta printer menjadi lebih awet dan jarang membeli tinta. Sehingga menghasilkan uang di dompet menjadi lebih irit.

Hal ini dikarenakan menghemat tinta mampu memberikan nilai plus yang bisa Anda. Termasuk dengan mencetak dalam kuantitas yang banyak. Dengan tips ini membuat Anda menghemat tinta, khususnya dengan para pelaku usaha percetakan yang menjadikan printer sebagai alat pada usaha utamanya.

Selain itu, harga tinta printer sendiri juga lumayan mahal. Sesungguhnya laju perubahan teknologi yang semakin maju, harga printer kian murah. Tetapi banyak orang belum sadar bahwa harga tinta juga agak mahal. Maka dari itu, Kamu juga patut memandang harga tinta juga.

Pada dasarnya tips menghemat tinta printer sungguh-sungguh mudah Anda lakukan. Hal yang paling mendasar, Sobat Tekno seharusnya mengerjakan perawatan kepada printer dan beberapa hal yang lain. Kalian bisa Lakukan tips ini untuk menghemat tinta printer brother hl-1211w, lihat penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Teknik Menghemat Tinta Secara Global

Berikut sebagian cara dalam menghemat tinta:

✅✅👉 Baca Juga:  Cara Menghemat Tinta Printer Brother DCP-T310 untuk Aktivitas di Luar Ruangan

Gunakan mode ekonomis (economy mode)

Pada kenyataannya, banyak orang memanfaatkan mode ‘enonomy’ atau ‘draft’ yang berada di properties printer Kamu. Selain menetapkan Anda bisa mendapatkan hasil printer yang tidak terlalu baik, ini mampu menghemat pengeluarkan tinta. Kamu mampu menggunakan economy mode dalam mencetak {file|dokumen| yang tak terlalu penting dan bukan mencetak dokumen formal. Bahkan melalui economy mode ini, hasil cetak lebih cepat kering.

Cetak pada Bagian yang diperlukan Saja

Kalian sepatutnya berhati-hati dalam mencetak file multi page. Sebab pada dasarnya Kalian cuma perlu paling sedikit cuma dua halaman saja. Sobat Tekno dapat memakai aplikasi word processing pas menentukan print range pada file word Kamu.

Jangan Coba Matikan Printer pada Pertengahan Cycle Print

Ketika printer masih menjalankan tugas print, jangan pernah sekali-sekali mematikannya. Karena kalau Anda mematikan printer ketika cartridge masih berjalan, maka printer head akan stop pada posisi yang tidak mesti. Akibatnya, hal ini akan menjadikan nozzle kering dan walhasil membuat kebocoran pada tinta.

Jangan Suka Melakukan Head Cleaning

Saat melakukan printing, jangan sekali-sekali menjalankan head cleaning atau print head aligment. Karena hal ini akan berpengaruh buruk pada printer. Kecuali memang itu semua sangat diperlukan, sebab hal ini akan menguras tinta printer.

Pakai Ecofont

Sesungguhnya, Ecofont sendiri memiliki lubang pada tiap hurufnya. Maka dari itu, Kalian mampu menghemat penggunaan tinta sampai dengan 20% daripada menggunakan font standar dari windows.

Cara Mengurangi Penggunaan Tinta Printer Brother HL-1211W

1. Terapkan Print Preview

Ketika mau mencetak dokumen, ternyata ada Metode menghemat Tinta Printer brother hl-1211w, salah satunya merupakan menjalankan pengecekan via Print Preview. Oleh karena itu, hal ini mampu meminimalisir kesalahan. Karena terjadinya kesalahan ketika mencetak, membuat Anda sia-sia dalam melakukan print dokumen.

✅✅👉 Baca Juga:  Cara Menghemat Tinta Printer Brother Business Smart Plus MFC-J5520DW untuk Aktivitas di Kantor

Disisi lain, terdapat fungsi lain dari fitur Print Preview. Kamu bisa memperhatikan kembali dokumen sebelum dicetak, sehingga Anda bisa melakukan hasil perbaikan pada dokumen yang akan dicetak.

2. Pastikan Keperluan Cetakan Warna

Kamu juga sepatutnya mengamati mutu dari output cetak. Lazimnya, tak segala file yang Sobat Tekno cetak tak membutuhkan mutu yang baik. Dikala seperti ini, Kamu seharusnya memandang kembali dokumen sekalian menghemat penggunaan tinta printer.

Sobat Tekno juga dapat mencetak dokumen dengan kualitas rendah, terutama pada tulisan. Dengan demikian, kwalitas warna bukanlah menjadi prioritas dalam hasil print pada dokumen yang kita miliki.

3. Perkuat Kecerahan Gambar

Selanjutnya dalam menghemat tinta, Kalian mesti memperkuat kecerahan pada gambar. Kalian pasti tahu bahwa pencetakan dokumen gambar akan menghabiskan banyak tinta dibandingi dengan mencetak teks lazimnya. Karena itu Kamu mampu memperbesar tingkat kecerahan pada gambar dan mengurangi pada artikel. Dengan demikian, hal ini bisa mengirit tinta printer Anda.

Selain itu, gambar yang lebih cemerlang dapat menghabiskan tinta yang lebih sedikit dibandingi dengan gambar yang gelap.

4. Pilih Macam Font yang Pas

Dalam menghemat pengaplikasian tinta printer, Anda dapat mengaplikasikan tipe font yang bisa menghemat tinta. Printer ini berasal dari Brand Brother dan pada aplikasi Microsoft Word tersedia banyak macam huruf yang bisa membuatmu lebih menghemat tinta printer. Sobat Tekno mampu menggunakan font dengan gaya yang tipis, supaya tinta yang dikeluarkan terminimalisir.

5. Uji Coba dalam Mencetak Foto

Ketika melakukan  print foto dengan kualitas tinggi, Kalian semestinya melakukan uji coba print foto khususnya dulu. Secara pada kertas foto khusus, sehingga bisa memberikan kualitas foto yang bermutu dan tinta yang keluar juga sedikit. Akhirnya, Kamu dapat mengirit penggunaan tinta printer bersamaan dengan kertas foto yang mahal.

✅✅👉 Baca Juga:  Cara Menghemat Tinta Printer Brother DCP-T710W untuk Aktivitas di Kantor

6. Pakai Printer dengan Rutin dan Perawatan pada Kartrid

Dikala Anda jarang mencetak atau mengoperasikan printer, hal ini akan membuat printer gampang kering. Sebab cartridge yang jarang disentuh akan menjadi kering dan yang pada akhirnya berdampak pada Sobat Tekno seharusnya melakukan pengggantian cartridge.

Maka dari itu, Sobat Tekno perlu menjalankan printing minimal satu atau dua kali dalam seminggu. Direkomendasikan agar menggunakan tinta warna dan hitam dalam pengecekan printer. Karena ini dijalankan untuk mengetahui bahwa printer Kalian sehat atau tidak.

7. Energi Dinonaktifkan

Selanjutnya yang tidak kala penting dalam mengirit penggunaan tinta lainnya adalah mematikan daya dengan benar setelah selesai menggunakan printer. Sobat Tekno semestinya mematikan printer dengan menekan tombol on of yang benar dan Sobat Tekno perlu tunggu sampai printer tersebut benar-benar telah mati.

Selain hal yang demikian bertujuan agar cartridge yang bergerak bisa kembali pada posisi semula. Disamping itu, dikala printer mati karenanya cartridge tertutup. Dengan demikian, hal ini dapat mencegah tinta mengering.

8. Tentukan Tinta dengan Sistem yang Tepat dan Beli Dalam Jumlah yang Banyak

Cara paling pas dalam menghemat tinta printer merupakan dengan memilih tinta printer yang ideal. Sobat Tekno bisa memilih tinta dengan kualitas cetak terbaik. Usahakan Kamu membeli tinta printer dalam jumlah banyak.

9. Pertimbangkan Pemakaian Software Pengirit Tinta

Selama ini Anda pasti tahu bahwa terdapat cukup banyak software penghemat tinta yang dapat didapatkan secara gratis. Dengan adanya aplikasi ini memjadikan data printer tersebut lebih maksimal dan lebih hemat. Selain itu, adanya aplikasi yang demikian dapat mengurangi pemakaian tinta ketika mencetak dokumen beresolusi tinggi.

10. Cetak dalam Mode Black & White atau Abu-Abu

Tinta berwarna memang mempunyai harga yang cukup mahal. Akibatnya warna hitam menjadi pilihan saat mencetak dokumen. Dengan memakai tinta warna hitam, pengeluaran untuk tinta semakin kecil. Namun sayangnya, dalam sebuah printer memakai campuran seluruh tinta, termasuk dengan warna hitam.

Anda bisa mengotak atik printer dan mencoba untuk memakai tinta hitam. Sobat Tekno bisa menggunakan mode cetak dengan warna abu-abu untuk menghemat pengeluaran tinta. Sobat Tekno perlu menyempurnakannya dengan beberapa mode cetak, sehingga menekan pengeluaran tinta.

Penutup

Bagaimana, gampang sekali bukan cara menghemat tinta printer brother hl-1211w? Dengan demikian tinta yang akan Anda keluarkan menjadi lebih sedikit dan hemat dalam menjalankan kegiatan print. Akibatnya, Anda juga dapat menghemat pengeluaran dalam membeli tinta. Semoga berita ini bermanfaat dan selamat mencoba ya.