Cara Menghemat Tinta Printer Epson L4160 untuk Aktivitas di Kantor

Bagi Anda semua yang berkeinginan menghemat tinta printer, Kalian bisa cek cara menghemat tinta printer epson l4160 di bawah ini. Dengan demikian, Kalian dapat menjadikan tinta printer menjadi lebih awet dan jarang membeli tinta. Sehingga menjadikan dana di dompet menjadi lebih hemat.

Hal ini disebabkan menghemat tinta akan memberikan manfaat yang bisa Kalian. Termasuk dengan mencetak dalam jumlah yang banyak. Dengan kiat ini menjadikan Anda menghemat tinta, khususnya dengan para tukang percetakan yang menggunakan printer sebagai alat pada industri utamanya.

Selain itu, harga tinta printer sendiri juga agak mahal. Sebetulnya perkembangan teknologi yang semakin maju, harga printer kian murah. Namun yang terjadi banyak orang tidak sadar bahwa biaya tinta juga agak mahal. Oleh dari itu, Kamu juga harus memandang harga tinta juga.

Pada dasarnya tips menghemat tinta printer sangat mudah Anda lakukan. Hal yang paling mendasar, Anda patut melakukan perawatan untuk printer dan beberapa hal yang lain. Kamu dapat Lakukan kiat ini untuk menghemat tinta printer epson l4160, simak lebih detil melalui artikel berikut ini.

Teknik Menghemat Tinta Secara Umum

Berikut beberapa cara dalam menghemat tinta:

βœ…βœ…πŸ‘‰ Baca Juga:  Cara Menghemat Tinta Printer Canon Pixma IX 6560 untuk Aktivitas di Luar Ruangan

Gunakan mode ekonomis (economy mode)

Pada dasarnya, mayoritas orang memanfaatkan mode β€˜enonomy’ atau β€˜draft’ yang berada di properties printer Anda. Disamping memastikan Anda bisa menerima hasil printer yang tidak terlalu bagus, ini bisa menghemat pengeluarkan tinta. Kamu mampu mengaplikasikan economy mode dalam mencetak {file|dokumen| yang tidak terlalu penting dan tentunya tidak mencetak dokumen formal. Malahan dengan economy mode ini, hasil cetak lebih cepat kering.

Cetak pada Komponen yang diperlukan Saja

Kalian seharusnya berhati-hati dalam melakukan print file multi page. Hal ini dikarenakan pada dasarnya Anda cuma membutuhkan paling sedikit cuma 2 halaman saja. Kalian dapat mengaplikasikan aplikasi word processing ketika memilih print range pada file Kalian.

Jangan Pernah Matikan Printer pada Pertengahan Cycle Print

Saat printer masih berjalan, jangan pernah adakalanya mematikannya. Karena kalau Kalian menghentikan printer saat katrid masih bekerja, karenanya printer head akan berhenti pada posisi yang tak patut. Walhasil, hal ini akan menciptakan nozzle kering dan akibatnya menyebabkan kebocoran dibagian tinta.

Hindari Terlalu Sering Menggunakan Head Cleaning

Saat melaksanakan printing, jangan kadang-kadang mengaktifkan head cleaning atau print head aligment. Bukan tidak mungkin hal ini akan berimbas buruk pada printer. Kecuali memang itu semua amat dibutuhkan, karena hal ini akan membuat boros tinta printer.

Manfaatkan Ecofont

Hakekatnya, Ecofont sendiri mempunyai lubang di setiap hurufnya. Maka dari itu, Kalian mampu menghemat pengaplikasian tinta hingga 20% daripada menggunakan font standar dari windows.

Cara Menghemat Tinta Printer Epson L4160

1. Terapkan Print Preview

Ketika ingin mencoba mencetak dokumen, ternyata ada Cara mengurangi penggunaan Tinta Printer epson l4160, salah satunya ialah melakukan pengecekan melewati Print Preview. Dengan demikian, hal ini mampu meminimalisir kesalahan. Karena terjadinya kekeliruan ketika mencetak, menyebabkan Kalian sia-sia dalam melakukan print dokumen.

βœ…βœ…πŸ‘‰ Baca Juga:  Cara Menghemat Tinta Printer Epson Workforce M100 untuk Aktivitas di Kantor

Disamping itu, terdapat fungsi lain dari fitur Print Preview. Anda dapat melihat kembali dokumen sebelum dicetak, sehingga Kamu bisa melaksanakan revisi pada dokumen yang akan dicetak.

2. Pastikan Keperluan Cetakan Warna

Anda juga patut memandang kwalitas dari output cetak. Biasanya, tidak seluruh dokumen yang Anda cetak tak memerlukan kwalitas yang bagus. Ketika seperti ini, Kamu patut memandang kembali dokumen sekaligus menghemat pemakaian tinta printer.

Sobat Tekno juga bisa mencetak dokumen dengan mutu rendah, khususnya pada artikel. Dengan demikian, mutu warna bukan menjadi prioritas dalam hasil print pada dokumen yang kita miliki.

3. Tambahkan Kecerahan Gambar

Kemudian dalam menghemat tinta, Anda sepatutnya meningkatkan kecerahan pada gambar. Kalian pasti tahu bahwa pencetakan dokumen gambar akan menghabiskan banyak tinta dibandingi dengan mencetak teks lazimnya. Karena itu Anda mampu memperbesar tingkat kecerahan pada gambar dan mengurangi pada tulisan. Dengan demikian, hal ini mampu mengirit tinta printer Anda.

Selain itu, gambar yang lebih cemerlang bisa menghabiskan tinta yang lebih sedikit dibandingi dengan gambar yang kurang terang.

4. Pilih Jenis Font yang Ideal

Dalam menghemat pengaplikasian tinta printer, Kamu bisa menggunakan variasi font yang bisa menghemat tinta. Printer ini berasal dari Brand Epson dan pada aplikasi Microsoft Word terdapat banyak tipe huruf yang bisa membuatmu lebih menghemat tinta printer. Kalian bisa menggunakan font dengan gaya yang tipis, supaya tinta yang dipakai terminimalisir.

5. Uji Coba dalam Mencetak Foto

Dalam mencetak foto dengan kualitas tinggi, Anda sepatutnya menjalankan uji coba print foto terpenting dahulu. Terpenting pada kertas foto khusus, sehingga dapat memberikan mutu foto yang bagus dan tinta yang terpakai juga sedikit. Dengan demikian, Anda dapat menghemat tinta printer sekalian kertas foto yang mahal.

βœ…βœ…πŸ‘‰ Baca Juga:  Cara Menghemat Tinta Printer Epson Printer L3110 untuk Aktivitas di Rumah

6. Gunakan Printer dengan Rutin dan Perawatan pada Kartrid

Dikala Kamu jarang mencetak atau memakai printer, hal ini akan menjadikan printer cepat kering. Karena cartridge yang jarang dipakai akan menjadi kering dan yang pada akhirnya berdampak pada Sobat Tekno harus menjalankan pengggantian cartridge.

Oleh karena itu, Anda perlu memulai printing minimal satu atau dua kali dalam seminggu. Disarankan supaya mengaplikasikan tinta warna dan hitam dalam pengecekan printer. Selain ini dilakukan untuk diagnosa bahwa printer Kalian sehat atau perlu diservice dengan segera.

7. Kekuatan Dinonaktifkan

Kemudian dalam mengirit penggunaan tinta lainnya adalah mematikan daya dengan benar sesudah selesai menggunakan printer. Anda wajib mematikan printer dengan menekan tombol power yang benar dan Anda perlu tunggu sampai printer itu benar-benar telah mati.

Selain hal yang demikian bertujuan supaya cartridge yang bergerak dapat kembali pada posisi semula. Disamping itu, saat printer mati karenanya cartridge tertutup. Dengan demikian, hal ini dapat mencegah tinta mengering.

8. Pilih Tinta dengan Cara yang Pas dan Beli Dalam Kuantitas yang Banyak

Cara paling pas dalam menghemat tinta printer merupakan dengan memilih tinta printer yang pas. Kalian dapat memilih tinta dengan kualitas cetak terbaik. Usahakan Sobat Tekno membeli tinta printer dalam jumlah banyak.

9. Pertimbangkan Penggunaan Software Penghemat Tinta

Selama ini Kalian pasti tahu bahwa terdapat cukup banyak software penghemat tinta yang dapat didapat secara gratis. Dengan adanya aplikasi ini membuat data printer hal yang demikian lebih optimal dan lebih hemat. Disamping itu, adanya aplikasi tersebut bisa mengurangi penggunaan tinta ketika mencetak dokumen beresolusi tinggi.

10. Cetak dalam Mode Hitam-Putih atau Abu-Abu

Tinta berwarna memang dihargai dengan harga yang cukup mahal. Akibatnya warna hitam menjadi opsi dikala mencetak dokumen. Dengan menggunakan tinta warna hitam, pengeluaran untuk tinta kian kecil. Melainkan sayangnya, dalam sebuah printer menerapkan campuran banyak tinta, termasuk dengan warna hitam.

Anda dapat mengotak atik printer dan mencoba untuk menerapkan tinta hitam. Sobat Tekno bisa mengaplikasikan mode cetak dengan warna abu-abu untuk menghemat pengeluaran tinta. Kamu perlu menyempurnakannya dengan beberapa mode cetak, sehingga menekan pengeluaran tinta.

Penutup

Bagaimana, gampang sekali bukan cara menghemat tinta printer epson l4160? Dengan demikian tinta yang akan Anda keluarkan menjadi lebih sedikit dan hemat dalam mengerjakan kegiatan print. Akibatnya, Anda juga mampu menghemat pengeluaran dalam membeli tinta. Semoga penjelasan ini memberikan manfaat dan selamat mencoba ya.