Ciri-Ciri Hardisk Bermasalah Atau Rusak

Ciri-Ciri Hardisk Bermasalah Atau Rusak

Sistem kinerja laptop akan sangat terganggu apabila hardisk laptop mengalami masalah atau rusak. Tentu saja hal ini dikarenakan seluruh sistem laptop berada pada hardisk. Anda bisa mengetahui ciri-ciri hard disk bermasalah atau rusak agar bisa segera mengatasinya dengan tepat.

Hardisk mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan semua data yang ada di laptop, baik itu software, program maupun data lainnya. Hardisk bisa digunakan untuk tempat penyimpanan data yang penting. Sebagai pengguna harus dapat mengantisipasi agar tidak terjadi kerusakan pada harddisk.

Ciri-Ciri Hard Disk Bermasalah Atau Rusak

Ada beberapa penyebab yang menjadikan hardisk mengalami kerusakan atau bermasalah. Misalnya seperti usia hardisk terlalu usang, penggunaan berlebihan, pasokan listrik tidak stabil dan laptop sering mati tiba-tiba.

Agar bisa mengetahui apakah hard disk bermasalah atau rusak, berikut ini ciri yang bisa Anda lihat:

1. Sistem Kerja Laptop Lambat

Kinerja sistem pada laptop yang mulai lambat maka hal ini bisa menandakan bahwa bagian hard disk sedang bermasalah. Secara umum kondisi ini bisa terlihat pada saat Anda sedang mengakses sistem. Misalnya saat membuka program, menyimpan dokumen, maupun mencari file.

Bahkan pada kasus ini perangkat bisa saja mengalami kelambatan secara keseluruhan. Jika kondisi ini terjadi, segeralah melakukan pengecekan pada bagian hard disk.

2. Hard disk Menimbulkan Suara Aneh

Suara aneh yang ditimbulkan pada hard disk juga menjadi pertanda bahwa hard disk sedang bermasalah atau rusak. Suara yang dimaksud yaitu suara bising yang tiba-tiba muncul dari hard disk. Jika demikian maka Anda harus menghentikan pemakaian sementara waktu.

Baca Juga:  Ciri-ciri CPU Bermasalah atau Rusak pada Komputer

3. File dan Data Mengalami Kerusakan

Ciri-ciri hard disk bermasalah atau rusak lainnya yaitu menunjukkan data maupun file mengalami kerusakan. Data-data yang ada di dalamnya secara mendadak rusak atau bahkan tidak dapat dibuka meskipun Anda tidak melakukan apa-apa.

Kebanyakan dari pengguna akan melakukan cara dengan menjalankan program deteksi virus. Namun sayangnya untuk cara ini tidak dapat berjalan dengan baik. Sementara untuk data yang rusak bukan dikarenakan akibat serangan virus.

4. Blue Screen

Hard disk yang mengalami rusak bisa ditandai dengan blue screen atau tidak mau booting. Meskipun sudah menginstal ulang laptop, pada biasanya kasus ini tetap bisa saja terjadi. Jika demikian, Anda tidak perlu langsung panik. Silahkan mati laptop sesegera mungkin.

5. Muncul Kode Error

Hard disk yang mengalami overhead maka akan sering merestartnya sendiri. Laptop yang tidak bisa masuk ke bagian desktop ketika proses booting, maka akan muncul peringatan error dan akan meminta Anda merestart laptop. Jika demikian maka berarti bahwa hard disk mengalami kerusakan

Masih ada banyak lagi ciri-ciri hard disk bermasalah atau rusak. Namun yang paling mudah untuk dikenali yaitu dari segi kinerja laptop yang menjadi lambat. Bahkan kondisi hardisk yang rusak atau bermasalah akan lebih cepat mengalami overhead dan menjadikan laptop hang (EW/BT).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *