Apa itu Hosting dan Domain

Apa itu Hosting dan Domain

Britatekno.com – Pembicaraan seputar website tidak bisa lepas dari sebuah hosting dan domain. Kedua bagian ini merupakan hal yang sangat penting untuk membuat sebuah website bisa ditemukan dan beroperasi dengan baik di internet. Namun meski sering kamu gunakan secara bersamaan, ternyata baik hosting maupun domain memiliki perbedaan.

Hosting dan Domain

Secara ekstensi dan fungsi domain dan hosting masih memiliki keterkaitan satu sama lain. Namun kedua hal ini memiliki peran yang berbeda yang satu sebagai identitas dan yang satu sebagai server.

Pengertian Hosting

Hosting merupakan tanah atau bangunan dimana kamu bisa membangun sebuah website. Sebenarnya kamu boleh saja jika hanya membeli domain saja. Namun setelah kamu memakai sebuah domain maka tampilan website yang kamu dapatkan adalah hanya sebuah tampilan kosong.

Hosting adalah sebuah server yang menjadi penyimpanan aset aset atau file dalam sebuah website. Intinya semua website pasti membutuhkan sebuah layanan hosting karena tanpa adanya layanan hosting website tidak bisa dibangun untuk menjalankan fungsi yang semestinya.

Pergertian Domain

Domain adalah sebuah identitas singkat laman website di internet, atau bisa juga kamu sebut sebagai alamat untuk menandakan suatu lokasi. Pada dasarnya seluruh komponen dalam jaringan internet bisa terhubung satu sama lain.

Maka agar bisa terhubung satu sama lain butuh sebuah identitas atau pengenal sebagai pembeda. Dan dari sinilah setiap komputer dari jaringan internet akan memiliki alamat yang unik yang disebut IP address.

Perbedaan Hosting dan Domain

Wujud elemen dari domain dan hosting ini berbeda, domain sebagai sebuah alamat menggambarkan identitas dan nama dari website tersebut. Nama lain dari domain yang sering disebut adalah URL.

✅✅👉 Baca Juga:  Layanan Dedicated Server Indonesia Rekomendasi Britatekno

Kamu juga bisa memilih format domain yang beragam berdasarkan beberapa kriteria yang kamu inginkan. Beberapa contoh domain yang sering digunakan adalah .com, .id, .net, .ac.id, .org dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Jasa Penyedia Layanan Hosting Plasa Hosting

Hosting yang kamu ibaratkan sebagai sebuah lahan memiliki bentuk yang dapat kamu sentuh secara fisik.
Sering kali hosting disebut sebagai server yang biasanya menyerupai perangkat keras maupun perangkat lunak.

Fungsi Hosting

Hosting dalam sebuah website berfungsi sebagai media penyimpanan sebuah data yang tersimpan dalam sebuah website. Perlu kamu ketahui jika layanan hosting memiliki pengaruh terhadap kecepatan akses dalam laman suatu website.

Hal ini karena terkait dengan kapasitas ruang server untuk suatu website. Dimana jika suatu website berkapasitas besar, maka diperlukan daya yang besar pula hal ini harus diimbangi dengan hosting. Apabila tidak kamu imbangi dengan hosting yang besar, sudah bisa dipastikan jika akses pada laman website menjadi lebih lama.

Fungsi Domain

Meski antara domain dan hosting memiliki keterlibatan satu sama lain, namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Domain berfungsi sebagai alamat identitas yang dapat pengguna gunakan untuk mengakses suatu website.

Kamu bisa memulai mendesain tampilan website yang menarik dengan dukungan hosting dan domain yang sudah ada. Jangan lupa untuk memilih jasa hosting terbaik agar hasil yang kamu dapatkan bisa maksimal dan sesuai keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.