8 Jenis Ide Bisnis untuk Anak Muda yang Menjanjikan

8 Jenis Ide Bisnis untuk Anak Muda yang Menjanjikan

Menjalankan bisnis di usia muda saat ini memang menjadi pilihan yang menarik. Tidak sedikit anak muda yang sudah berhasil menjalankan bisnisnya di usia yang masih sangat muda dan menghasilkan omset yang menggiurkan. Hal ini menjadi motivasi bagi anak muda lainnya dalam memulai bisnis.

Peluang usaha untuk anak muda di jaman sekarang ini pun sangat banyak, mulai dari memulai bisnis skala kecil tanpa modal atau modal minim, bisnis skala menengah, hingga bisnis skala besar yang dapat dimulai bersama-sama dengan teman-teman atau melanjutkan bisnis orangtua dan keluarga.

Semuanya itu jika ditekuni dengan serius akan membentuk anak muda menjadi pengusaha sukses di masa depan. Berikut ini merupakan 8 jenis bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan oleh kalangan anak muda:

1. Bisnis Kuliner

Jenis usaha kuliner merupakan ide bisnis yang sangat menjanjikan. Mulai dari makanan kecil, makanan berat, minuman, maupun aneka hidangan camilan yang unik dan kreatif dapat dicoba untuk kamu jajal.

Budget yang dibutuhkan pun beragam, dapat disesuaikan dengan kemampuanmu. Perluaslah pengetahuan tentang kulinermu, ditambah dengan inovasi dan ide-ide kreatif yang dapat dicoba untuk produk makananmu, maka hal itu dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi ide bisnis kuliner yang akan kamu jalankan.

Jika kamu memiliki modal yang terbatas, kamu tidak perlu menyediakan tempat atau sewa tempat untuk berjualan, tapi cukup memasarkannya melalui internet atau online.

Namun, jika kamu merasa memiliki modal yang cukup, kamu bisa menyewa suatu tempat yang strategis dengan target pasarmu, untuk kemudian kamu tuangkan ide-ide kreatif dan ciptakan suasana yang menarik di tempat usahamu tersebut agar dapat menarik pelanggan yang lebih banyak.

2. Bisnis Fashion

Jenis usaha yang satu ini juga tidak kalah menjanjikan. Fashion yang meliputi pakaian, tas, sepatu, asesoris, dan sebagainya merupakan kebutuhan primer bagi banyak orang. Anak muda yang dikenal memiliki karakter yang unik dan kreatif dapat menyalurkan hobi dan bakat mereka melalui usaha di bidang fashion ini.

Dengan ide yang orisinil, kualitas fashion yang baik, ditambah promosi yang dikemas dalam ide-ide kreatif dan menarik akan menghasilkan efek yang signifikan terhadap penjualan bisnis fashion-mu.

✅✅👉 Baca Juga:  10 Cara Sederhana Untuk Mulai Menggunakan Video Untuk Bisnis

Tingkatkan terus pengetahuan mengenai dunia fashion seperti halnya apa saja yang sedang tren di belahan bumi lain, bagaimana kualitas bahan dan jahitan yang baik, bagaimana cara memadu madankan warna, bagaimana model fashion yang nyaman dipakai, dan masih banyak hal lainnya yang dapat kamu pelajari.

Jika memang ingin terus mengembangkan diri, ikutilah kursus atau training untuk menjadi desainer, atau kamu bisa bekerja sama dengan penjahit yang sudah memiliki banyak pengalaman dan dikenal berkualitas atau kamu juga bisa bekerjasama dengan desainer-desainer yang sudah berpengalaman.

3. Bisnis Desain dan Kerajinan Tangan

Saat ini banyak pelaku usaha yang sudah lebih memahami bagaimana menjual produk atau jasa mereka agar menarik dan mendapatkan perhatian calon pembeli. Selain tentunya produk atau jasa yang profesional dan berkualitas, pelaku usaha juga harus memikirkan bagaimana cara branding produk/jasa mereka.

Melalui package yang menarik, seperti nama usaha, logo, dominan warna, sampai ke teknik pemasaran sudah seperti menjadi satu kesatuan utuh yang juga harus dijadikan fokus oleh pelaku usaha disamping produk/jasa itu sendiri.

Oleh karena itu jasa desain grafis saat ini banyak diperlukan untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Kerajinan tangan juga erat kaitannya dengan desain. Disamping menjadi desainer grafis, menjadi seorang crafter juga merupakan peluang untuk memulai usaha bagi anak muda yang cukup menjanjikan.

Pasalnya anak muda cenderung menyukai hal-hal yang sifatnya unik dan kreatif. Dengan menjalankan bisnis sebagai seorang crafter, selain meraup keuntungan tentunya dapat menyalurkan hobi dan bakat diri sehingga menjalaninya pun terasa menyenangkan.

4. Bisnis Gym atau Tempat Senam

Mungkin kamu tertarik dengan kesehatan dan ingin membuka tempat gym atau tempat senam? peluang ide bisnis gym atau tempat senam saat ini cukup menjanjikan. Pasalnya, anak muda khususnya pada jaman ini sudah menyadari betul pentingnya olahraga dan menjaga kebugaran badan.

Sehingga, tidak sulit ditemui tempat-tempat pusat kebugaran khususnya di daerah perkotaan. Namun, jika kamu jeli melihat peluang, kamu dapat mencoba bisnis ini dan mencari tempat yang strategis untuk menjalankannya.

Misalnya saja di daerah kampus. Tidak sedikit mahasiswa yang membutuhkan tempat gym atau tempat senam. Kamu dapat mencoba berbisnis tempat gym/senam di lingkungan kampus. Tentunya dengan budget yang disesuaikan dengan kantong mahasiswa. Buatlah promosi yang menarik seperti member get member, atau setiap 9x pertemuan gratis 1x pertemuan, dan sebagainya.

✅✅👉 Baca Juga:  Cara Trading Tanpa Modal, Coba dengan Langkah Ini!

Setelah mendapatkan pelanggan, jangan berhenti untuk terus tingkatkan kualitas peralatan olahragamu dan juga perhatikan kualitas trainer gym atau trainer senamnya. Agar para pelanggan merasa puas dan betah untuk mengikuti kelas gym/senam di tempatmu.

5. Bisnis Pengembang Aplikasi

Tertarik atau menguasai bahasa pemrograman? Kamu bisa mencoba bisnis pengembang aplikasi. Di era digital ini, orang-orang berlomba untuk menciptakan aplikasi yang dapat membantu manusia dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari secara lebih efisien secara waktu, tenaga, dan uang.

Aplikasi yang saat ini banyak digunakan seperti aplikasi chatting, aplikasi transportai online, aplikasi pemesanan tiket dan hotel, ataupun masih banyak lagi aplikasi lainnya yang diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia. Disamping itu, tidak lama lagi akan muncul teknologi yang dinamakan Internet of Things (IoT) yang akan mengubah cara hidup, bekerja, dan cara manusia dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Hal ini membuka peluang yang sangat besar bagi pengembang aplikasi, dan mereka dituntut untuk mampu membuat dan menawarkan aplikasi yang dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan hidup manusia.

Kamu dapat membuat usaha rintisan atau startup yang fokus pada bidang tertentu, seperti halnya GO-JEK yang merupakan salah satu contoh startup yang fokus pada pengembangan aplikasi untuk transportasi berbasis online dan mobile.

6. Bisnis Event/Wedding Organizer (EO/WO)

Saat ini banyak orang, khususnya anak muda yang senang menggunakan jasa event/wedding organizer untuk mengorganisir acara-acara penting mereka seperti acara syukuran, lamaran, pernikahan, ulang tahun, seminar, training dan sebagainya. Jasa EO/WO diperlukan karena mereka sebagai pelanggan terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk mengatur dan mempersiapkan suatu acara.

Sehingga, mereka memercayakannya kepada EO atau WO yang sudah cukup berpengalaman. Selain tidak perlu kerepotan dalam mengadakan suatu acara, kamu juga bisa fokus kepada ide dan garis besar acara yang ingin kamu adakan.

Sehingga kamu cenderung lebih puas dengan hasilnya. Jika kamu ingin memulai bisnis EO/WO, kamu dapat mulai mencari rekanan yang sesuai dengan konsep atau ide EO/WO mu. Untuk awal, kamu pasti membutuhkan banyak rekanan yang mensupport bisnismu ini.

Pastikan untuk menemukan rekanan yang sesuai dengan visi dan misi usaha yang akan kamu jalankan dan selalu buat kesepakatan yang jelas dan tertulis untuk menghindari masalah di kemudian hari.

✅✅👉 Baca Juga:  Foto Artis TikTok yang Keren dan Idaman Bagi Pengguna

7. Bisnis Lembaga Kursus dan Privat

Kebutuhan untuk belajar tambahan diluar jam sekolah atau kuliah dinilai menjadi kebutuhan yang cukup penting di jaman ini. Karena persaingan yang semakin ketat, mereka dituntut untuk memahami lebih baik dari teman-teman yang lain.

Oleh karena itu banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke lembaga kursus maupun privat, baik itu bagi pendidikan akademis seperti kursus mata pelajaran SD/SMP/SMA/Kuliah, ataupun kursus non akademis seperti kursus yang berkaitan dengan hobi dan olahraga seperti kursus musik, renang, taekwondo, fotografi, dan sebagainya.

Jika kamu memiliki ketertarikan ke dunia mengajar, dan memiliki kemampuan atau keahlian yang dapat kamu gunakan untuk mengajar, kamu dapat mencoba untuk memulai usaha ini.

Jika memang kemudian banyak peminat yang ingin mengikuti kursus ini, kamu dapat mencoba untuk melakukan rekruitasi untuk pengajar sesuai bidang dan keahlian mereka masing-masing. Dan kamu dapat fokus dalam pengembangan lembaga seperti promosi, pengembangan kurikulum, modul atau bahan ajar, hingga pengembangan SDM-nya.

8. Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba atau franchise ini memang identik dengan makanan atau dunia kuliner. Sedikit berbeda dengan poin 1 diawal, dalam bisnis waralaba ini kita hanya perlu menjalankan sesuai standard of procedur dari pihak waralaba.

Sehingga ide, peralatan memasak, bahan-bahan dalam membuat makanan, sampai metode atau cara memasak memang sudah diatur sedemikian rupa agar rasa dan tampilan sama dan tidak berubah. Kelebihan bisnis ini adalah pada umumnya nama dari bisnis ini sudah cukup dikenal masyarakat, sehingga masyarakat sudah mengetahui rasa, menu favorit hingga harganya.

Kamu hanya perlu menentukan dengan cermat lokasi yang strategis dan potensi pasar yang potensial untuk membuka usaha waralaba ini, maka kamu tidak perlu mengeluarkan effort atau ide-ide yang memusingkan kepala.

Kamu hanya perlu menjalankan bisnis ini sesuai prosedur. Namun, kelemahannya kamu harus merogoh kocek lebih dalam karena kamu harus membeli lisensi dari induk bisnis waralaba ini yang jumlahnya terkadang tidak sedikit.

Itulah beberapa Ide bisnis untuk anak muda. Tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa sukses dan tidak bisa mendapat pekerjaan di usia muda, kan? Tentukan langkahmu mulai saat ini juga, dan tekuni dengan serius, maka menjadi pengusaha muda yang sukses bukanlah lagi angan-angan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Originally posted 2021-02-13 12:56:00.

Leave a Reply

Your email address will not be published.