Ciri-ciri CPU Bermasalah atau Rusak pada Komputer

Ciri-ciri CPU Bermasalah atau Rusak pada Komputer

CPU merupakan komponen paling penting pada komputer yang menjadi pusat seluruh kerja pada komputer. Bila diibaratkan komputer adalah manusia maka CPU merupakan otaknya. Jika mengalami masalah tentu akan berdampak rusaknya sistem kerja pada komputer. Untuk itu sangat penting mengetahui ciri-ciri CPU bermasalah atau rusak.

Ciri-ciri CPU Bermasalah Atau Rusak

Ketika kamu tahu berbagai ciri yang terjadi jika CPU mengalami kerusakan atau masalah maka kamu bisa meminimalisir masalah lain seperti hilangnya data di dalam komputer. Agar lebih jelas maka simak penjelasan tentang berbagai ciri jika CPU komputer mengalami kerusakan.

1. Layar komputer tidak menyala

Beda dengan bluescreen jika layar tidak hidup sama sekali maka disebut blackscreen. Ketika komputer blank screen bios tidak dapat menanggapi perintah apapun ini karena komando seluruh sistemnya yaitu CPU mengalami masalah atau rusak.

Tetapi perlu kamu tahu komputer mengalami blank screen bukan karena masalah CPU saja tetapi mungkin juga ada masalah pada VGA, Ram atau putusnya kabel monitor. Maka sebaiknya kamu pastikan lebih dulu penyebab komputer kamu mengalami black screen sebelum mengganti CPU nya.

2. Komputer mati sendiri

Masalah ini kemungkinan karena masalah tegangan daya yang tidak stabil atau Ram yang terlalu panas, karena Ram yang rusak. Kerusakan tersebut dapat terjadi bila salah satu jumper pin mengalami patah atau CPU yang sering mengalami overheating.

3. Gagal saat mengakses beberapa program

Saat komputer mengalami kegagalan ketika dipakai untuk mengakses program yang kategorinya berat atau memiliki file yang besar, saat menginstal aplikasi besar, memainkan game yang berkualitas tinggi dan hal lainnya. Ini mungkin karena terjadi masalah pada CPU komputer.

✅✅👉 Baca Juga:  Ciri-Ciri Hardisk Bermasalah Atau Rusak

Tetapi walaupun seperti itu, kamu dapat melakukan pemeriksaan lebih dulu pada komponen lain yang penting misalnya Ram atau gejala data yang corrupt sebab bila kedua hal tersebut maka ciri juga sama.

4. Komputer melakukan restart sendiri

Ciri ini akan muncul saat kamu ingin menghidupkan komputer kamu. Komputer dapat menyala tetapi tidak lama akan mati lagi. Dan hal ini akan terus berulah ketika kamu akan menghidupkannya kembali. Bila hardware atau asupan dayanya tidak ada masalah, ini mungkin penyebabnya karena CPU yang mengalami masalah atau rusak.

5. Komputer mati

Jika kerusakan terjadi pada komponen VGA, RAM, PSU, CPU dan Motherboard maka ini merupakan penyebab dari komputer kamu yang mati dan tidak bisa dihidupkan sama sekali. Ketika hal ini yang menjadi masalah adalah CPU maka hal yang kamu lakukan adalah segera menggantinya.

Demikian informasi tentang ciri-ciri CPU bermasalah atau rusak yang bisa kamu ketahui. Dengan mengetahui informasi ini kamu akan bisa meminimalisir terjadinya masalah lain seperti segera melakukan penyalinan data yang penting di dalam komputer kamu.