Ciri-ciri RAM Bermasalah Atau Rusak di Komputer

Ciri-ciri RAM Bermasalah Atau Rusak di Komputer

Ciri-ciri RAM bermasalah atau rusak pada komputer sering kali tidak disadari oleh para penggunanya. Meskipun RAM merupakan komponen hardware yang memang jarang sekali terjadi pergerakan sebab posisinya yang terkunci di dalam satu slot saja juga dapat mengalami masalah atau rusak. Faktor utama yang membuat RAM menjadi rusak adalah karena usianya.

Sebetulnya ada beberapa ciri yang dapat kamu sadari dengan terjadinya beberapa kejadian yang muncul secara tiba-tiba. Bahkan kamu akan sadar ketika saat menghidupkan komputer atau saat memakainya.

Ciri-ciri RAM Bermasalah Atau Rusak

Agar bisa mendeteksi RAM pada komputer kamu mengalami masalah tidak dapat kamu lihat dalam satu ciri saja. Namun ada beberapa ciri yang biasanya akan muncul bersamaan maka hal tersebut dipastikan bahwa RAM komputer kamu perlu dilakukan pergantian.

1. Komputer yang tiba-tiba mati

Ketika kamu menjalankan komputer dan tiba-tiba mati, meskipun tidak mengalami pemadaman listrik atau masalah pada asupan dayanya. Maka hal tersebut terdapat dua hal yang bisa terjadi. Mungkin itu karena RAM komputer yang mengalami masalah atau rusak. Atau pada power supply komputer yang terjadi masalah.

2. Komputer mengalami restart sendiri

Sama halnya dengan ciri yang di atas. Namun untuk ciri satu ini komputer akan sering melakukan restart dengan sendiri maka dapat disimpulkan bahwa hal tersebut adalah penyebab atau ciri bahwa RAM komputer yang mengalami masalah atau rusak.

Baca Juga:  Ciri-ciri Hard Disk Komputer Bermasalah Atau Rusak

3. RAM yang tidak bisa dideteksi atau jumlahnya yang tidak tepat

Bila RAM tidak dapat terdeteksi di komputer atau bisa terdeteksi namun jumlahnya yang tidak sesuai dengan jumlah yang telah terinstal maka hal tersebut sudah jelas bahwa RAM komputer kamu mengalami masalah atau kerusakan.

4. RAM yang tidak bisa terdeteksi di bios

Saat RAM komputer tidak dapat terdeteksi di bios ketika komputer menyala. Maka hal ini adalah salah satu ciri bahwa RAM komputer akan mengalami kerusakan atau mati. Atau karena adanya masalah pada slotnya.

5. Error ketika menginstal aplikasi

RAM memiliki fungsi sebagai penyimpan data sementara sebelum akan ditulis ulang. Atau data yang telah mulai di data pada hardisk. Ini berarti bila mengalami error ketika menginstal semua jenis aplikasi dapat menjadi salah satu ciri bawah RAM komputer kamu yang bermasalah atau rusak.

6. Layar komputer blank

Tanda satu ini sering terjadi saat komputer akan dihidupkan, bila layar monitor hanya menampilkan blank hitam saja. Ini mungkin menjadi dua masalah, yaitu karena VGA mengalami masalah atau RAMnya yang rusak.

Kesimpulan

Di atas merupakan ciri-ciri RAM bermasalah atau rusak pada komputer yang bisa menjadi informasi untuk kamu. Jika komputer kamu mengalami masalah dan menunjukkan ciri-ciri seperti di atas maka kemungkinan besar bahwa RAM komputer mengalami kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *