Ciri-ciri Hard Disk Komputer Bermasalah Atau Rusak

Ciri-ciri Hard Disk Komputer Bermasalah Atau Rusak

Hard disk adalah komponen hardware yang penting di dalam kerja komputer. Sebab fungsinya sebagai tempat penyimpanan berbagai data pada komputer. Seperti data penting masalh pekerjaan atau aplikasi hiburan seperti game. Sehingga untuk mengetahui ciri-ciri hard disk bermasalah atau rusak merupakan hal yang penting.

Ciri-ciri hard disk bermasalah atau rusak

Tetapi sama halnya dengan barang elektronik yang lain. Hard disk juga bisa mengalami masalah atau rusak kapanpun. Dengan mengetahui ciri atau tanda bila hard disk kamu mengalami masalah atau rusak, maka akan dapat menyalin berbagai data penting sebelum hard disk tersebut mati dan tidak dapat dipakai kembali.

1. Komputer menjadi lemot

Jika hard disk komputer kamu mengalami masalah atau rusak maka akan membuat kinerja komputer menjadi tidak maksimal. Membuat komputer memproses berbagai perintah menjadi lebih lemot. Bila hal ini telah terjadi, maka sebaiknya yang harus kamu lakukan adalah mengecek hard disk komputer kamu mengalami masalah atau tidak.

2. Data file yang mengalami kerusakan

Tanda berikutnya jika hard disk komputer mengalami kerusakan adalah file yang tersimpan di dalam penyimpanan hard disk mengalami kerusakan. Walaupun kamu tidak melakukan hal-hal apa saja. Hal ini dengan mendadak file tersebut tidak bisa dibuka alias rusak begitu saja.

3. Hard disk mengeluarkan suara yang tidak biasa

Ciri berikutnya jika hard disk mengalami masalah akan keluar suara yang aneh tidak biasa pada hard disk tersebut. Suaranya terdengar seperti ‘kretek-kretek’ dengan terus menerus suara itu keluar. Suara tersebut juga terdengar semakin keras.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Hardisk Bermasalah Atau Rusak

4. Tidak bisa booting komputer mengalami blue screen

Komputer yang tidak mau booting dan menampilkan blue screen saja. Meskipun kamu telah melakukan instal ulang pada komputer tersebut, jika hard disknya bermasalah maka blue screen tersebut akan terus terjadi. Kalau sudah begitu maka hard disk tersebut memang sudah rusak.

5. Hard disk sulit memformat file

Hard disk yang mengalami masalah biasanya akan memberi tanda ketika memformat file akan sulit dilakukan. Proses pemformatan file tersebut akan terasa lambat dilakukan bahkan bisa jadi malah gagal dilakukan. Bahkan ketika proses format sudah dilakukan tetapi memori hard disk tidak ada perubahan.

6. Hasil dari cek software komputer mengalami tanda tidak baik

Ciri yang terakhir bisa kamu lihat ketika kamu melakukan pengecekan software di komputer. Gunakan aplikasi acronis drive monitor untuk melakukan pengecekan komputer ini. aplikasi tersebut akan mengidentifikasi jika hard disk milik kamu mengalami kerusakan dengan pengukuran tersebut.

Itulah tentang informasi ciri-ciri hard disk bermasalah atau rusak pada komputer yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui berbagai tanda dari masalah hard disk tersebut akan bisa membantu kamu untuk menyimpan data penting sebelum hard disk tersebut benar-benar rusak atau mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *