Ciri-ciri MicroSD Card Bermasalah Atau Rusak di HP Android

Ciri-ciri MicroSD Card Bermasalah Atau Rusak di HP Android

MicroSD atau memori card adalah tempat menyimpan external yang dapat beroprasi pada sistem android dan dapat dipasang di berbagai smartphone. Fungsi utama adalah menjadi media penyimpanan data selain penyimpanan internal yang ada di setiap HP Android. Terkadang memori ini mengalami masalah dan membuat kinerja sistem menjadi menurun. Ciri-ciri microSD card bermasalah atau rusak perlu kamu ketahui.

Ciri-ciri MicroSD Card Bermasalah Atau Rusak

Kebanyakan hp android memang mendukung untuk menggunakan microSD card. Meskipun memiliki bentuk yang kecil tetapi di dalamnya memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Kapasitasnya mulai dari puluhan giga hingga ratusan gigabyte. Karena bentuknya yang kecil ada beberapa pengguna yang sembarangan dan tidak merawat memori eksternal tersebut.

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ketika memperlakukan microSD dengan sembarang. Akan berdampak kerusakan dari memori tersebut, sehingga membuat data penting yang ada di dalamnya yang belum digunakan bisa hilang. Umumnya jika microSD mengalami masalah akan memunculkan beberapa ciri sebelum memori tersebut tidak dapat dipakai lagi.

1. Kinerja HP tidak maksimal

Ciri pertama saat microSd rusak atau mengalami masalah yaitu membuat kinerja hp menjadi menurun. Terlebih ketika menjalankan aplikasi yang sebagian datanya tersimpan di microSD. Meskipun hp android lemot bisa karena banyak hal, tetapi yang pasti jika microSD mengalami masalah pasti hp akan menjadi lemot.

2. Lemot saat mengakses file

Ciri lainnya ketika microSD mengalami kerusakan adalah saat kamu membuka file yang ada di dalamnya. Kamu membuka dengan file manager  atau menggunakan aplikasi exploree saat mencari file akan tersendat dan tidak cepat seperti biasanya. Itu adalah salah satu tanda bahwa memori kamu mengalami masalah.

Baca Juga:  Ciri-ciri CPU Bermasalah atau Rusak pada Komputer

3. Aplikasi yang macet

Sering terjadi aplikasi macet saat penggunaanya karena microSD yang mengalami masalah sehingga kinerjanya menjadi menurun. Ini tidak berlaku bila aplikasi tersebut tersimpan pada memori internal. Saat kamu merasa bahwa beberapa aplikasi yang kamu jalankan menjadi lemot atau macet saat kamu memakainya maka coba pindahkan aplikasi tersebut ke penyimpanan internal. Lalu jalankan kembali aplikasi tersebut jika dapat berjalan dengan baik maka yang bermasalah adalah microSD card yang kamu miliki.

4. Booting lama

MicroSD card bermasalah akan memberikan ciri saat kamu baru saja menyalakan hp dan waktu tunggunya yang lama untuk masuk ke layar utama. Kamu perlu tahu bedanya ketika hp kamu menampilan logo tetapi tidak dapat masuk ke sistem atau ketika muncul logo android yang lama tetapi masih dapat masuk ke layar utama. Karena jika logo android terus tampil dan tidak dapat mengakses sistemnya maka ini tanda bahwa hp kamu mengalami bootloop.

Itulah ciri-ciri microSD card bermasalah atau rusak yang bisa terjadi pada hp android kamu. Dengan informasi ini semoga dapat membantu kamu untuk mengetahui ciri dari ponsel kamu yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *