Peluang Usaha Bagi Anak Muda dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Peluang Usaha Bagi Anak Muda dengan Modal Kecil yang Menjanjikan

Modal, khususnya bagi anak muda biasanya merupakan hambatan dalam memulai usaha. Namun, jika kamu berpikir kreatif dan pandai mencari peluang, sebenarnya banyak peluang usaha bagi anak muda dengan modal kecil namun tetap menjanjikan. Tidak sedikit anak muda yang kini memiliki usaha sukses dengan omset ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulannya.

Keberhasilan mereka tentunya tidak terlepas dari ide yang kreatif dalam menciptakan bisnis ditambah dengan pemasaran yang tepat sasaran. Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak bisa memulai usaha dengan modal yang sedikit atau bahkan nol. Berikut ini merupakan beberapa peluang usaha bagi anak muda dengan modal yang kecil namun tetap menjanjikan berdasarkan kategori usahanya.

1. Kuliner

Banyak yang bilang, bisnis kuliner tidak akan pernah mati. Tepat Sekali. Karena setiap orang butuh makan. Entah itu makanan besar seperti nasi, mie, kentang, dan sebagainya maupun makanan ringan atau camilan seperti kue-kue, keripik, dan sebagainya. Kuliner merupakan peluang usaha bagi anak muda dengan modal yang dapat disesuaikan dengan budget, sehingga kamu dapat mulai merencanakan dari sekarang berapa modal yang kamu butuhkan untuk memulai usaha kuliner ini.

Jika kamu belum mampu membuat makanan sendiri, kamu bisa meminta bantuan orang yang pintar memasak sehingga kamu hanya menjual dan melakukan promosi saja. Disamping itu, kamu juga bisa mencari ide-ide inovatif untuk mengembangkan usaha kulinermu. Didukung dengan perkembangan teknologi internet yang mempermudah kita dalam melakukan promosi, sangat memungkinkan untuk memulai usaha ini dengan modal yang kecil.

Hanya saja, kamu harus melihat peluang dan situasi terkini di daerah yang akan jadi tempat usahamu, ya! jangan sampai kamu menjual makanan yang sama persis dengan pedagang tepat di sebelah tempat usahamu.

βœ…βœ…πŸ‘‰ Baca Juga:  9 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda yang Ingin Menjadi Entrepreneur

2. Fashion

Fashion juga merupakan salah satu peluang bisnis yang selalu ramai dikalangan pebisnis. Target utamanya memang wanita, namun tidak menutup kemungkinan kamu menyasar target lain yang spesifik dan belum pernah ada sebelumnya.Β  T-shirt, dress, jeans, kaos, jaket, outer, hijab, sendal, sepatu, tas, asesoris dan produk fashion lainnya dapat menjadi ide bisnis yang cukup menjanjikan.

Namun, kamu tetap perlu banyak belajar dan mengikuti trend yang berkembang agar kualitas produk fashion-mu dapat diterima oleh masyarakat dan mampu bersaing dengan brand-brand ternama. Selain itu, kamu juga dapat menciptakan gayamu sendiri dan menjadi ciri khas dari setiap produk fashion-mu, sehingga ada nilai yang berbeda dengan fashion yang ramai dipasaran.

Bisnis ini dinilai cocok bagi anak muda yang ingin menjadi pengusaha, dikarenakan anak muda umumnya memiliki kreativitas yang tinggi, dipenuhi dengan ide-ide baru yang umumnya mereka temukan dari berbagai referensi yang saat ini mudah untuk diakses melalui internet. Selain itu, anak muda berani untuk mengeksplorasi gaya dan trend untuk kemudian direalisasikan melalui bisnis fashion ini.

3. Desain dan Fotografi

Jika kamu memiliki jiwa seni yang tinggi, menguasai software desain grafis atau hobi untuk mendesain maupun fotografi, peluang bisnis ini dapat kamu coba. Jasa desain dan jasa fotografi atau videografi saat ini banyak dibutuhkan. Kamu bisa memulai usaha ini dengan memberi β€œgratisan” kepada orang-orang terdekatmu seperti teman, keluarga, tetangga, dan sebagainya.

Darisana, kamu dapat membuat portofolio yang bisa kamu unggah ke akun sosial mediamu, buat dengan semenarik mungkin, kemudian ikuti akun-akun yang juga memiliki minat yang sama agar referensimu bertambah. Jika memang sudah benar-benar siap, kamu bisa mengkomersilkan idemu, dan mulai mencari pelanggan.

Profesionalitas sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini, seperti contohnya kamu harus mendengar apa yang diinginkan oleh pelanggan, tidak hanya ingin sesuai keinginanmu saja, karena bisa jadi seleramu dan selera pelanggan sangat berbeda. Selain itu, lakukan pekerjaanmu tepat waktu. Jangan sampai kamu sering molor dari deadline karena idenya mentok. Hal ini tentunya akan mengecewakan pelanggan dan tidak mau menggunakan jasamu lagi.

βœ…βœ…πŸ‘‰ Baca Juga:  13 Ide Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

4. Guru atau Konselor

Punya kemampuan mengajar? atau mungkin senang berbagi melalui kegiatan belajar mengajar? kamu mungkin cocok untuk menjalankan bimbingan belajar menjadi guru atau konselor. Guru ini bermacam-macam, mulai dari guru yang kaitannya dengan akademis, seperti guru bimbel atau guru bahasa asing, maupun yang berkaitan dengan non-akademis seperti guru olahraga atau musik. Bagi kamu yang menekuni bidang psikologi, kamu juga bisa mencoba menjadi konselor.

Dengan kemampuan-kemampuan tersebut, kamu dapat memulai usaha ini dengan modal yang terbilang sedikit. Dengan bermodalkan tempat, kemudian beberapa guru yang akan membantu, kamu dapat mulai membuka tempat les atau bimbel dan melakukan promosi baik di sosial media maupun promosi secara langsung melalui brosur, flyer, dan sebagainya.

Selain mendapatkan pemasukan dari usahamu ini, kamu juga dapat meningkatkan kemampuanmu sesuai bidang masing-masing. Hal ini tentunya membawa manfaat yang besar baik bagi siswa yang mengikuti bimbel, maupun bagi guru itu sendiri. Lengkapi bimbelmu ini dengan modul-modul pembelajaran yang menarik dan metode yang tidak membosankan, sehingga anak merasa senang dalam mempelajari sesuatu.

5. Kerajinan Tangan/Crafting

Mungkin kamu orang yang senang berkreasi dengan sesuatu? kamu bisa menyalurkan hobimu sambil berbisnis. Bisnis kerajinan tangan atau bisnis barang-barang handmade, merupakan bisnis yang tidak memerlukan modal terlalu besar namun dengan ide-ide yang kreatif dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit.

Perkembangan teknologi dapat mempermudah kita dalam memulai bisnis kerajinan tangan ini. Saat ini banyak platform yang menyediakan fasilitas jual beli khusus untuk barang-barang handmade. Sehingga, jangan khawatir kamu kesulitan menjual produk handmade-mu. Karena kamu dapat menjualnya di berbagai platform online gratis. Hal pertama yang mungkin bisa kamu lakukan adalah menentukan target spesifik dari produkmu, kemudian membuat konsep branding, setelah itu kamu dapat mulai meluncurkan produkmu.

βœ…βœ…πŸ‘‰ Baca Juga:  15 Ide Untuk Memulai Usaha Sampingan dengan Modal Minim

Perluaslah jaringanmu melalui teman, keluarga, dan berbagai orang di belahan dunia lain melalui internet. Jika produkmu unik dan menarik, tidak sulit mendapatkan banyak pelanggan, lho.

Itulah beberapa peluang usaha bagi anak muda yang memiliki kemampuan dan ide-ide kreatif dengan modal kecil yang menjanjikan.Β  Semoga bermanfaat!

Originally posted 2021-02-18 15:32:00.

Leave a Reply

Your email address will not be published.