11 Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan untuk Mahasiswa

11 Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan untuk Mahasiswa

Agar dapat hidup mandiri ketika sedang menjalani kuliah, mahasiswa dituntut kreatif dan tidak hanya mengandalkan kiriman dari orang tua. Banyak sekali peluang bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa dengan modal yang kecil.

Selain mendapatkan uang saku tambahan, menjalankan bisnis ketika kuliah akan menambah pengalaman dalam berinteraksi dengan banyak orang dan mengasah kemampuan mahasiswa dalam meningkatkan kreativitas, mencari solusi dari permasalahan yang ada, mengelola keuangan, dan menghargai prosesnya. Berikut ini merupakan 11 ide bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa:

1. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah sangat cocok dijalankan buat kamu yang mengambil kuliah di jurusan bahasa asing. Dengan bermodalkan keterampilan bahasa, dan didukung oleh perangkat untuk mengetik naskahnya seperti laptop atau tablet, kamu dapat memulai bisnis ini dengan modal yang sangat minim.

Selain menambah pundi-pundi rupiahmu, menjalankan bisnis ini akan membantu kamu untuk berlatih menulis bahasa asing, sehingga jika dilakukan secara konsisten dan sering, hal ini akan meningkatkan skill¬-mu dalam berbahasa asing.

2. Bisnis Jasa Servis Laptop/Printer

Laptop atau printer merupakan alat elektronik yang umumnya dimiliki oleh mahasiswa. Sehingga bisnis ini sangat potensial untuk dijalankan. Bagi kamu yang mengambil jurusan elektronika atau kamu yang memiliki minat dalam hal tersebut, apa salahnya mencoba untuk membuka jasa servis laptop/printer.

Dengan bermodalkan kemampuan merakit hardware maupun skill yang berkaitan dengan instalasi software ditambah memiliki beberapa perangkat seperti obeng, tang, dan perkakas lainnya, kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal yang tidak besar. Kamu bisa menawarkannya kepada teman-teman terdekat, untuk kemudian bisa kamu promosikan ke teman-teman lain di kampusmu.

3. Bisnis Bimbingan Belajar

Buat kamu yang senang untuk berbagi dan memiliki skill untuk mengajar, kamu bisa coba ide bisnis yang satu ini. yaitu membuka bimbingan belajar, bisa di dalam kelas maupun privat ke rumah siswa. Kamu dapat menyesuaikan pelajaran apa yang akan ditawarkan dengan skill yang kamu miliki.

Sebagai contoh membuka bimbel untuk siswa-siswi SD, SMP, SMA, atau bahkan rekan-rekan kuliah yang kurang memahami materi perkuliahan. Selain bidang akademis, kamu juga bisa menunjukkan bakat lain yang kamu miliki untuk kemudian dikembangkan menjadi ide bisnis mengajar seperti renang, gitar, piano, vokal, dan sebagainya.

4. Bisnis Jual Pulsa

Walaupun pembelian pulsa sudah bisa dilakukan lewat berbagai aplikasi, atm, internet/mobile banking dan sebagainya, namun bisnis ini dinilai masih menjanjikan di kalangan mahasiswa. Kebutuhan akan pulsa telepon dipandang sebagai kebutuhan yang akan terus menerus ada.

Dengan berjualan pulsa, kamu bisa menawarkan pulsa ke teman-teman terdekat yang membutuhkan pulsa, tanpa mereka perlu repot-repot ke atm atau kios pulsa. Selain itu, modal yang dibutuhkan relatif kecil dan kamu tidak perlu membuka gerai/kios pulsa untuk mulai berjualan pulsa.

5. Bisnis Camilan

Seringkali mahasiswa tidak sempat sarapan ketika ada kuliah pagi, dan jarak kantin yang jauh dari ruang kelas membuat mahasiswa malas membeli makan. Hal ini membuka peluang buat kamu untuk mencoba berbisnis camilan atau makanan ringan ketika jeda kuliah untuk mengganjal perut mahasiswa yang kelaparan.

Kamu bisa berjualan kue-kue basah seperi lontong, risoles, kroket maupun berbagai kue kering seperti kripik. Bisnis ini merupakan bisnis yang menjanjikan dengan modal yang tidak terlalu besar.

6. Bisnis Fotokopi

Walaupun di era digital ini sudah banyak materi perkuliahan yang paperless, namun bisnis fotokopi dinilai masih cukup potensial di kalangan mahasiswa. Selain fotokopi, masih banyak barang/jasa lain yang dapat ditawarkan seperti penjilidan buku, penjualan alat tulis, dan banyak lagi.

✅✅👉 Baca Juga:  5 Broker Forex Terbaik Untuk Pemula yang Bisa Kamu Pilih

Bagi mahasiswa, bisnis ini memerlukan modal yang cukup besar untuk sewa tempat, pembelian alat fotokopi, biaya operasional, dan sebagainya. Namun jika kamu memiliki budget yang cukup, ide bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

7. Bisnis Online

Dengan berkembangnya teknologi internet dan smartphone, saat ini potensi pasar online memang menjanjikan. Ide bisnis satu ini dapat kamu coba dengan modal yang tidak besar atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Kamu hanya perlu gadget seperti handphone, tablet, laptop, dan sebagainya sebagai media promosi, dan barang yang akan kamu jual dapat kamu pinjam dari distributor atau sekedar menjadi dropshipper.  Berbagai platform dan sosial media pun bertebaran sehingga kamu dapat dengan mudah memasarkan produk dengan modal yang minim dan tepat sasaran.

8. Bisnis Menjadi Master of Ceremony (MC)

Buat kamu yang senang berbicara di depan umum dan memiliki kemampuan public speaking yang baik, kamu bisa menjajal ide bisnis yang satu ini, yaitu menjadi MC. Dimulai dari menjadi MC di lingkungan kampus, seperti acara seminar, kuliah umum, acara himpunan dan sebagainya hingga acara diluar lingkungan kampus seperti acara pernikahan, ulang tahun, acara komunitas dan banyak lagi acara lainnya.

Tentunya selain menambah uang saku, juga membuat kamu bahagia karena sejalan dengan hobimu, kan?

9. Bisnis Berjualan Barang Bekas

Bagi mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua atau menyewa tempat kos, umumnya mereka malas membawa barang-barang dari rumah atau membawa barang-barang yang mereka beli saat kos dan membawanya kembali ke rumah, khususnya barang-barang besar seperti meja, kursi, lemari, kasur lipat, ricecooker, termos, panci, dan sebagainya.

Namun, banyak mahasiswa baru yang akan kos di daerah kampusmu yang membutuhkan barang-barang tersebut. Hal ini dapat menjadi ide bisnis buat kamu dengan cara mengorganisir barang-barang bekas dari kos mahasiswa yang sudah tidak digunakan lagi, dan menjualnya kepada mahasiswa yang membutuhkan barang-barang tersebut.

10. Bisnis Make-Up Artist (MUA)

Buat kamu beauty enthusiast atau yang tertarik pada bidang kecantikan, ide bisnis MUA menjadi ide yang cukup menjanjikan. Modal yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Semakin banyak jam terbang, tentunya kamu harus melengkapi peralatan makeup-mu sehingga hal itu akan membantumu dalam mengexplore gaya make up yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Banyak acara yang membutuhkan MUA di lingkungan kampus, seperti wisuda, pesta ulang tahun, pemotretan untuk model produk/iklan, atau bahkan MUA untuk lamaran dan pernikahan. Dengan mengasah kemampuan merias dan memajang portofolio di sosial media misalnya, kamu dapat meraup keuntungan yang cukup besar dari bisnis ini.

11. Influencer dan Bisnis Endorsement

Dengan perkembangan teknologi, saat ini bermunculan potensi profesi baru yang belum pernah ada sebelumnya, yaitu menjadi influencer atau melalui bisnis endorsement. Tidak hanya menjual produk, kamu juga dapat mengembangkan diri di bidang lain seperti psikologi, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

Tingginya pengguna sosial media di Indonesia, tentunya membuka peluang buat kamu untuk menekuni ide bisnis ini. Dengan penyajian konten yang menarik di sosial media, kamu dapat mengembangkan network dengan cara meningkatkan jumlah followers dan berkolaborasi bersama teman-teman yang memiliki minat yang sama.

Itulah beberapa ide bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa yang akan memulai bisnis sambil kuliah. Tentunya, tanpa mengesampingkan tugas utama kamu untuk belajar dan menyelesaikan kuliah ya. Semoga bermanfaat!