Pengertian Klaim Asuransi, Simak Tujuan dan Trik Agar Klaim di ACC!

Pengertian Klaim Asuransi, Simak Tujuan dan Trik Agar Klaim di ACC!

BRITATEKNO.COM – Apa itu pengertian klaim asuransi? Kamu harus mengetahui bahwa klaim asuransi merupakan komponen terpenting yang harus diperhatikan saat membeli produk asuransi. Dalam hal ini, klaim artinya kamu meminta penebusan dana yang ditanggung pihak asuransi sesuai perjanjian untuk membayar resiko yang telah dijamin asuransi.

Pengertian Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah istilah yang sangat akrab bagi nasabah pemegang polis asuransi. Klaim berarti tuntutan terhadap sesuatu. Dalam kaitannya dengan asuransi, pengertian klaim asuransi yaitu tuntutan terhadap pihak asuransi yang dilakukan oleh nasabah atas hak-hak yang diterima nasabah sesuai perjanjian awal pembelian polis.

Hak nasabah yang dimaksud, sesuai yang polis asuransi yang dipilih, yang telah diajukan, disetujui dan dibayarkan setiap bulannya oleh nasabah sesuai jatuh tempo yang telah ditentukan. Lalu, kapan klaim asuransi dapat dicairkan?

Untuk mencairkan klaim asuransi, nasabah harus mengetahui aturan-aturan yang tertuang dalam kebijakan atau surat kontrak pembelian polis asuransi. Oleh sebab itu, biasanya aturan tersebut telah disetujui dan disepakati bersama.

Inilah alasan, kenapa nasabah harus membaca surat perjanjian atau kontrak saat pembelian asuransi terlebih dahulu dengan mengetahui ketentuan pengajuan klaim asuransi. Tujuannya agar di kemudian hari tidak ada pihak yang merasa dirugikan, hingga terjadi perselisihan antara nasabah dengan perusahaan asuransi.

Tujuan Klaim Asuransi

Setelah memahami pengertian klaim asuransi di atas, kamu harus mengetahui bahwa klaim asuransi memiliki beberapa tujuan, diantaranya:

1. Ganti Rugi

Pencairan dana klaim asuransi bisa digunakan untuk mengganti kerugian yang kamu alami atas resiko yang sudah terjadi dan sesuai dengan resiko yang ditanggung oleh pihak asuransi dalam perjanjian.

✅✅👉 Baca Juga:  Cara Klaim Asuransi Mobil Baret Agar Tidak Terjadi Penolakan

Misalnya saja, rumah kamu mengalami kebakaran, serta memerlukan biaya besar untuk renovasi, maka pihak asuransi yang menanggung dana renovasi untuk melakukan ganti rugi yang disebabkan oleh kebakaran.

2. Mengurangi Resiko

Tujuan uang klaim asuransi yaitu dapat meminimalisir terjadinya resiko kerugian. Ketika kamu mengajukan klaim asuransi, maka kamu akan mendapatkan uang tanggungan sebagai ganti rugi. Uang tanggungan tersebut diberikan oleh pihak asuransi sesuai resiko penanggungan yang ada dalam ketentuan sesuai kesepakatan di awal.

3. Uang Santunan

Untuk asuransi jiwa, tentu saja dana santunan akan sangat berguna khususnya untuk anggota keluarga tertanggung (nasabah).

Misalnya ada kepala keluarga yang meninggal, yang menjadi nasabah perusahaan asuransi tertentu. Secara otomatis, sumber penghasilan keluarga menjadi hilang. Dari sinilah fungsi dana santunan untuk membantu semua anggota keluarga tertanggung yang ditinggalkan.

Trik Agar Klaim Asuransi Diterima

Supaya pengajuan klaim asuransi langsung diterima oleh perusahaan asuransi, ada beberapa trik yang harus kamu lakukan berikut:

  • Lakukan pengisian data formulir secara teliti dengan benar.
  • Kondisi polis asuransi harus aktif, tidak ada tunggakan biaya polis.
  • Kamu harus mengetahui resiko apa saja yang dilindungi pihak asuransi.
  • Harus melengkapi semua dokumen persyaratan.
  • Ajukan klaim asuransi tidak melebihi 30 hari dari kejadian.
  • Kejadian bukan diakibatkan oleh hal-hal tertentu yang melanggar aturan hukum.

Setelah memahami pengertian klaim asuransi, dan tips agar klaim dapat diterima, kamu bisa mulai mengajukan klaim. Biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang berbeda dalam hal pengajuan, kamu bisa menghubungi agen asuransi atau langsung menghubungi kantor perusahaan asuransi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.