10 Usaha yang Cocok Bagi Anak Muda Tanpa Modal

10 Usaha yang Cocok Bagi Anak Muda Tanpa Modal

Menjalankan bisnis memang seringkali terhambat karena tidak memiliki modal, khususnya bagi anak muda yang masih belum memiliki pengalaman dan baru akan memulai usaha. Namun ternyata, memulai usaha juga bisa dilakukan tanpa modal, bahkan dapat meraup keuntungan yang banyak.

Dengan kemajuan teknologi, kini memulai usaha bisa dilakukan dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan internet atau sosial media sebagai media dalam memasarkan produk/jasa yang akan kamu tawarkan. Berikut ini merupakan 10 ide usaha yang cocok dijalankan oleh anak muda yang dapat dimulai dengan modal nol alias tanpa modal:

1. Menjadi Foodies

Bagi kamu yang suka kuliner atau mencoba resto atau tempat makan baru, menjadi foodies adalah salah satu peluang usaha yang cocok untuk kamu jalankan. Jika kamu mampir ke tempat makan dengan jenis makanan yang unik atau baru, kemudian lokasi resto-nya juga menarik, kamu dapat mengambil foto dan mengunggahnya di instagram, dengan mencantumkan lokasi, harga, nama resto-nya, dan me-review menu-menu yang ditawarkan oleh resto tersebut.

Jangan lupa cantumkan juga tagar yang mewakili produk atau makanan yang sedang kamu review, atau cantumkan tagar dengan kata-kata yang dapat mempromosikan resto yang sedang kita kunjungi seperti #restoenakbandung #bestmenu #fooddiary #foodgasm dan sebagainya.

Sehingga orang akan mudah menemukan akun sesuai topik yang mereka cari. Semakin sering kamu melakukan hal tersebut, maka pengguna sosial media khususnya instagram yang memiliki minat yang sama di bidang kuliner akan mengikuti feed sosial mediamu atau menjadi follower.

Baca Juga:  Kreatif dan Inovatif: 13 Ide Bisnis yang dapat dilakukan Millennials

Semakin banyak follower yang kamu miliki, maka peluang untuk menghasilkan uang semakin besar. Kamu bisa ditawari untuk melakukan promosi berbayar (paid promote) atau bahkan makan gratis di resto-resto yang kamu diminta untuk review. Asik kan!

2. Menjadi Dropshipper

Bisnis online saat ini memang sedang ramai. Peluang untuk menjadi dropshipper pun bertebaran dimana-mana.

Dropshipping adalah kerjasama antara produsen dan kamu sebagai distributor, tetapi kamu tidak perlu membeli barang terlebih dahulu, kamu hanya membutuhkan foto atau katalog produk, memasangnya di internet atau sosial media, kemudian jika ada yang berminat membeli, produk langsung dikirim dari produsen kepada pembeli, dan kamu mendapatkan komisi dari jasa dropshipping tersebut.

Sehingga dapat dikatakan bisnis ini merupakan bisnis tanpa modal. Kamu hanya perlu melakukan promosi melalui sosial media atau melalui rekan-rekan terdekat, maka kamu sudah bisa memulai bisnis ini.

3. Menjual Baju Second

Mungkin kamu senang belanja tapi mudah bosan? sehingga baju-bajumu menumpuk di lemari pakaian? Kamu bisa mencoba usaha menjual baju atau asesoris second melalui internet atau sosial media.

Cantumkan dengan jelas dan jujur bahwa produkmu adalah produk bekas, atau jika ada cacat, jelaskan dengan detail dimana lokasi cacat tersebut. Selain itu, buatlah kemasan semenarik mungkin, sehingga produk second yang kamu tawarkan memiliki nilai tambah dan akan menarik banyak pelanggan.

4. Jasa Penerjemah

Jika kamu memiliki keterampilan berbahasa asing dengan baik, kamu dapat mencoba menjadi penerjemah, dan menghasilkan uang dari pekerjaan tersebut. Dengan modal kemampuan bahasamu, laptop, dan koneksi internet, kamu dapat mulai menghasilkan uang dari pekerjaanmu ini.

Selain menghasilkan uang, kamu juga bisa terus melatih dirimu sendiri untuk terus berlatih dan memperbaiki kemampuan bahasa asingmu.

Baca Juga:  11 Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan untuk Mahasiswa

5. Jasa Titip (JASTIP)

Aktivitas jasa titip beli merupakan aktivitas yang ramai saat ini. Bagi kamu yang suka jalan-jalan dan senang berbelanja, tentunya menjalankan usaha jastip akan terasa menyenangkan.

Jasa titip adalah pekerjaan membeli barang yang biasanya barang-barang branded atau barang yang sulit didapat di dalam negeri sesuai dengan pesanan orang yang menitip, sehingga kamu akan mendapat komisi dari jasa pembelian yang kamu lakukan.

Pastikan komisis yang kamu dapatkan sudah dihitung berdasarkan ongkos dan jasamu mencari barang tersebut ya.

6. Menjadi Content Creator

Pesatnya perkembangan teknologi membuka banyak peluang bagi penggunanya untuk menghasilkan uang bahkan menjadi profesi tetap mereka. Sebut saja content creator di berbagai platform seperti youtube, instagram, blog, dan sebagainya yang mungkin tidak pernah terpikirkan akan menghasilkan uang jika dilihat 10-20 tahun yang lalu.

Memang tanpa modal yang berarti, namun kamu harus kreatif dan fokus pada topik-topik pembahasan tertentu agar bahasan atau content yang kamu sajikan menarik dan terpercaya.

7. Menjadi Freelance Writer

Banyak komunitas, lembaga, atau bahkan individu yang membutuhkan jasa penulis lepas. Jika kamu senang menulis mengenai sesuatu, kamu dapat mengembangkan kemampuanmu ini untuk menghasilkan uang.

Menjadi freelance writer bisa dibilang tidak memerlukan modal, karena kamu hanya membutuhkan ide kemampuan menulismu sesuai tema yang dibutuhkan oleh agensi atau staff yang membutuhkan jasamu, dan laptop untuk mengetik naskah.

8. Menjadi Selebgram Atau Endorser

Sedikit berbeda dengan content creator, umumnya menjadi selebgram atau endorser berkaitan dengan memasarkan suatu produk. Masih mengenai pemanfaatan teknologi saat ini, berbagai pekerjaan baru pun bermunculan termasuk menjadi selebgram atau endorser.

Biasanya dibutuhkan orang dengan penampilan menarik, eksis di sosial media, dan memiliki followers yang banyak, kamu dapat dengan mudah dilirik untuk melakukan endorsement, tidak disangka uang yang dihasilkan dari pekerjaan ini pun cukup menggiurkan.

Baca Juga:  8 Jenis Ide Bisnis untuk Anak Muda yang Menjanjikan

9. Jasa Pencari Tiket Murah

Buat kamu yang betah berlama-lama di depan gadget dan mantengin promo-promo menarik termasuk tiket murah, kamu mungkin tertarik untuk menjadi jasa pencari tiket murah dan menghasilkan uang melalui pekerjaan tersebut.

Dengan cara online, kamu dapat mencari calon pembeli tanpa perlu bertatap muka, dan melakukan transaksi menggunakan smartphone melalui aplikasi chatting atau email untuk mengirimkan konfirmasi pemesanan tiket. Dengan modal nol, kamu dapat menghasilkan uang yang lumayan, lho!

10. Menjadi Agen Properti Online

Era digital saat ini dengan segala kemudahannya membantu aktivitas para agen properti dalam memasarkan properti dengan cara online, hal ini akan memangkas biaya operasional seperti transportasi atau menghemat waktu dan tenaga jauh lebih besar.

Dengan banyaknya pengguna sosial media dan internet saat ini, akan memudahkan agen properti online menemukan pembeli dengan tepat sasaran dan jauh lebih efisien. Disamping itu, jika kamu ingin memulai menjadi agen properti online yang kamu perlukan hanya gadget dan koneksi internet untuk memasarkan properti.

Itulah beberapa Ide bisnis untuk anak muda tanpa modal. Ada istilah High Risk, High Profit. Namun, setelah melihat ide-ide diatas, kamu tentunya bisa membayangkan profit yang besar hasil dari usahamu yang dimulai tanpa modal.

Artinya resiko yang mungkin terjadi juga kecil, kamu tidak perlu khawatir rugi, karena kamu tidak mengeluarkan modal yang besar bahkan tidak mengeluarkan modal sepeserpun. Namun tentunya tetap saja, apapun harus ditekuni dengan serius, ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *