Kreatif dan Inovatif: 13 Ide Bisnis yang dapat dilakukan Millennials

Kreatif dan Inovatif: 13 Ide Bisnis yang dapat dilakukan Millennials

Apa yang terpikirkan jika anak millenials ingin melakukan bisnis? mungkin jawabannya adalah kreatif, inovatif, dan berbisnis dengan modal yang tidak besar. Generasi millenials adalah generasi yang cenderung mudah bosan dan ingin lebih bebas dalam mengekspresikan diri. Banyak millenials yang sukses memulai bisnisnya di usia muda dengan modal terbatas.

Berbisnis sejatinya tidak perlu menunggu tua atau dengan modal yang besar. Bisnis bisa dimulai kapan saja, asalkan mampu menawarkan ide-ide yang kreatif, niat yang kuat, dan tentunya harus ditekuni dan dijalani dengan sabar.

Di era digital seperti saat ini, kamu dapat dengan mudah memulai bisnis dengan modal yang terbilang kecil. Transaksi jual beli semakin mudah, dan strategi marketing dapat lebih tepat sasaran. Buat kamu generasi millenials, berikut merupakan referensi 13 ide bisnis yang dapat kamu lakukan:

1. Blogger dan Vlogger

Blogger adalah orang yang membuat tulisan melalui blog yaitu sebuah media di internet yang memfasilitasi mereka dalam menulis. Sedangkan Vlogger atau Video blogger adalah orang yang membuat blog berupa video yang biasa mereka publikasikan di youtube.

Blogger dan vlogger merupakan suatu profesi yang tidak dapat dipandang sebelah mata lagi, apalagi di era digital seperti saat ini. Dengan hanya bermodalkan laptop/PC, koneksi internet, dan beberapa ide kreatif kamu dapat melakukan aktivitas sesuai hobi dan bakat sekaligus  menghasilkan uang yang tidak sedikit, lho.

2. Kerajinan dan Cinderamata

Kerajinan dan cinderamata atau souvenir mungkin memang bukan kebutuhan primer bagi mayoritas masyarakat indonesia. Namun, generasi millenials bukanlah generasi yang mengabaikan potensi bisnis yang satu ini. Generasi millenials dikenal kreatif dan inovatif, mereka senang dengan sesuatu yang memiliki estetika dan nilai seni tinggi.
Dengan berbisnis kerajinan atau cinderamata, akan membuka peluang bagi generasi millenials untuk meraup keuntungan dari bisnis yang umumnya tidak memerlukan modal besar ini. Ide kerajinan atau cinderamata ini bisa didapat dari berbagai sumber di internet. Dengan modifikasi dari tangan-tangan kreatif, sebuah barang handmade bisa laku dengan harga yang tinggi.

3. Ridesharing

Dengan tingginya angka pengguna internet di Indonesia saat ini, ridesharing atau berbagi tumpangan menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Ini merupakan ide awal munculnya berbagai transportasi online seperti GO-JEK, Grab, atau UBER. Selain kamu bisa menjadi driver transportasi online tersebut, kamu juga bisa menyediakan aplikasi sendiri yang sesuai dengan kebutuhan orang-orang sekitarmu.

Sebagai contoh, misal kamu tinggal di Bandung namun bekerja di Jakarta, setiap minggu kamu harus bolak balik Jakarta-Bandung-Jakarta. Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan ide bisnis ridesharing, dengan mengajak teman-teman yang juga sering bolak-balik Jakarta-Bandung untuk berbagi kendaraan dan membayar secara urunan.

4. Dropshipper

Transaksi jual beli online meningkat beberapa tahun belakangan ini ditandai dengan menjamurnya berbagai macam online shop.  Dropshipper merupakan salah satu ide bisnis yang dapat dilakukan oleh millenials dan dapat disebut tanpa modal untuk membeli barang.

Dengan sistem ini, kamu menjual barang milik distributor kepada pembeli dimana barang dikirimkan dari distributor langsung kepada pembeli dan pembeli langsung mentransfer uangnya ke kamu, sehingga kamu dapat margin dari transaksi tersebut.

5. Desain Grafis

Buat generasi millenials yang suka mendesain, ide bisnis menjadi desain grafis dapat kamu coba. Dengan bermodalkan software desain grafis dan ide-ide yang kreatif dan menarik, kamu bisa memulai usahamu sendiri. Jasa desain grafis dapat berupa pembuatan logo, banner, undangan, kartu nama, dan sebagainya.

Sebagai promosi, kamu dapat mengunggah hasil karya yang pernah dibuat ke dalam sosial mediamu, sehingga orang dapat melihat contoh dari hasil karyamu, tanpa susah-susah melakukan aktivitas promosi lainnya.

✅✅👉 Baca Juga:  Tren Baju TikTok yang lagi Ngetren Mudah ditiru

6. Jasa Pembuatan Website

Hampir setiap toko offline memiliki website atau online platform. Selain sosial media yang “gratisan”, umumnya toko-toko menengah-atas akan membutuhkan website.
Bagi kamu yang mahir dan memiliki skill membuat website, hal ini dapat dicoba untuk menambah pendapatanmu. Kamu bisa menawarkan kepada orang atau perusahaan yang membutuhkan website untuk e-commerce, toko-toko online, komunitas maupun institusi.

7. Affiliate Marketing

Ini cocok buat kamu yang pintar berkomunikasi dan berpenampilan menarik. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, mulai dari produk rumahan, hingga produk dari perusahaan ternama.

Caranya adalah dengan me-review, seperti halnya unboxing suatu produk, dalam bentuk tulisan, foto, atau video. Kamu akan dapat komisi dari setiap produk yang di-review atau dari setiap foto/video.

8. Bisnis Fotografi

Dengan kekuatan handphone, cekrek! kamu bisa menambah pundi-pundi uangmu. Banyak jasa fotografer yang dilakukan para millenials seperti jasa fotorgafer untuk pernikahan, wisuda, ulang tahun, maupun momen-momen lainnya.

Tidak perlu lagi menjadi fotografer profesional dengan berbagai perlatan canggih yang sangat mahal, tapi kamu bisa memanfaatkan handphone yang saat ini banyak dijual untuk menjadi fotografer, atau sekedar “menjual foto” melalui situs-situs seperti shutterstock.com, istockphotos.com, dreamstime.com, dan lain sebagainya.

9. Bisnis Paket Wisata

Bisnis paket wisata khususnya di Indonesia sangatlah potensial. Saat ini, orang lebih mudah bepergian salah satunya karena impact dari sosial media dan biaya transportasi yang relatif murah. Orang-orang saat ini juga memiliki pengetahuan yang lebih baik dan kesadaran akan pentingnya berwisata.

Dengan mencoba ide bisnis ini, millenials dapat menawarkan paket-paket wisata dengan menggandeng beberapa rekanan seperti perusahaan travel, dan beberapa tempat wisata baik dalam maupun luar negeri. Tentunya akan menjadi aktivitas yang seru karena kamu jadi tahu lebih banyak tempat, kan?.

10. Jajanan Kekinian

Dengan pesatnya arus informasi di dunia internet, kamu dapat dengan mudah mencoba hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Salah satunya di bidang kuliner.
Dengan mencoba bereksperimen menggunakan bahan makanan dan resep dari berbagai belahan dunia, kamu dapat menawarkan  ide bisnis jajanan kekinian seperti makanan korea, jepang, thailand, italia, dan masih banyak lagi. Dengan mengunggah hasil masakanmu ke sosial media, kamu dapat mulai mempromosikan hasil eksperimenmu!

11. Jasa Titip (Jastip)

Jasa titip atau personal shopper merupakan bisnis yang tumbuh subur di kalangan millenials saat ini. Dengan kehadiran internet dan teknologi, kamu bisa membeli barang dari berbagai tempat hanya menggunakan jarimu. Jasa titip merupakan suatu pekerjaan yang memungkinkan seseorang untuk menitipkan produk tertentu yang akan kamu beli langsung dari tokonya untuk kemudian dikirim lewat ekspedisi atau bertemu langsung.

Ide bisnis ini cukup menjanjikan di kalangan millenials, mengingat orang cenderung malas bepergian dan ingin lebih mudah berbelanja hanya dengan melalui gadget, dan umumnya barang yang dijual merupakan barang-barang branded dengan store yang tidak mudah ditemui.

12. Startup

Buat kamu yang bergelut di dunia teknologi, kamu dapat memulai karirmu dengan membuat startup. Bisnis ini memadukan teknologi dengan berbagai bidang seperti produksi, pemasaran, maupun sosial.

Bisnis ini awalnya mungkin tidak memiliki profit yang besar, namun jika ditekuni dapat menjadi bisnis yang menjanjikan. Kamu hanya perlu membentuk tim dengan orang-orang kreatif dan inovatif dan memiliki visi serta misi yang sejalan.

13. Kursus Online

Kegiatan belajar mengajar saat ini bisa dilakukan dimana saja. Online merupakan salah satu alternatif yang dipilih millenials saat ini. Guru maupun siswa tidak perlu lagi hadir ke tempat les atau kerumah siswa. Dengan kehadiran teknologi internet, belajar dan tatap muka bisa dilakukan secara jarak jauh.

Jika kamu punya keahlian di bidang tertentu, kamu dapat mencoba ide bisnis kursus online dengan cara live atau dengan membuat suatu platform khusus untuk pembelajaran dan membagikan modul dan referensinya. Kamu juga bisa menyesuaikan jadwalmu sesuai dengan jadwal siswa dan lebih fleksibel.

✅✅👉 Baca Juga:  11 Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan untuk Mahasiswa

Itulah beberapa referensi bagi para generasi millenials yang akan memulai bisnis. Semoga bermanfaat!.